Wednesday 6 December 2006

MENGAPA TUBUH KITA PERLU BEROLAHRAGA SECARA TERATUR

”Ketahuilah bahwa di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging, bila baik maka baiklah semuanya. Ia adalah Qolb / jantung” Al-hadits
Ketahuilah menjaga kesehatan jantung yang paling murah adalah berolahraga secara teratur.

Kemajuan IPTEK yang telah dicapai manusia (komputer, sistem transportasi dan komunikasi) telah memberikan berbagai kemudahan untuk melakukan kegiatan sehari hari. Manusia makin dimanja untuk beraktifitas sehingga makin sedikit kalori yang dikeluarkan. Sementara itu pola makan manusia modern makin banyak mengkonsumsi lemak. Hasil survey di Amerika, hampir 40 % kebutuhan kalori harian mereka berasal dari lemak. Kelebihan kalori ini disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak sehingga jumlah lemak dalam tubuh manusia madern makin meningkat. Kondisi ini sangat berpotensi terhadap resiko terkena penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes serta kanker.
Untuk mengatasi masalah tersebut, manusia harus menerapkan pola hidup sehat seperti: olahraga secara teratur, tidur secukupnya, sarapan yang baik, makan secara teratur, kontrol berat badan, bebas dari rokok dan narkoba serta alkohol. Olahraga teratur memberikan peran yang sangat besar dalam memperbaiki kehidupan manusia. Olahraga teratur dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan arteri koroner (penyakit jantung), penyakit kronis (hpertensi, stroke, diabetes) serta penyakit mental.
Penyakit arteri koroner/jantung atau CAD (Coronary Artery Disease), merupakan pembunuh No.1 di dunia (tiap tahun sekitar 1 juta orang meninggal karena penyakit jantung, stroke dan hipertensi, ½ juta akibat Sakit Jantung).
Olahraga secara teratur mengurangi beban kerja jantung. Perubahan pada otot tulang, serta kenaikan enzim yang menggunakan oksigen (aerobik) dan memantapkan metabolisme lemak, memungkinkan jantung untuk memenuhi tuntutan latihan dengan denyut jantung yang lebih rendah. Denyut jantung rendah berarti tingkat pemanfaatan oksigen yang lebih rendah dalam otot jantung dan jaringan, yang berarti kerja jantung lebih efisien. Olahraga teratur juga dapat meningkatkan sirkulasi dalam jantung.
Olahraga secara teratur juga dapat mencegah terjadinya gumpalan darah (thrombus) yang terdapat pada pembuluh walaupun pembuluh tersebut tidak cidera. Thrombus tersebut terjadi karena protein fibrinogen yang dapat larut diganti oleh serat fibrin yang tidak dapat larut. Penggumpalan darah ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
Olahraga secara teratur dapat mencegah peningkatan tekanan darah (hipertensi). Tekanan Darah Tinggi/ hipertensi akan menambah beban kerja jantung dan memaksa jantung berkontraksi melawan hambatan yang besar.
Olahraga secara teratur akan mengajarkan tubuh untuk mendistribusikan darah secara lebih baik ke otot, sehingga mengurangi beban kerja jantung
Olahraga secara teratur dapat membakar lemak yang disimpan dalam tubuh. Kelebihan lemak ini beresiko terhadap beberapa penyakit seperti : Penyakit jantung, hipertensi, diabetis dan beberapa jenis kanker.
Olahraga secara teratur dapat meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein). HDL menguntungkan karena dapat mengumpulkan kolesterol dari arteri-arteri dan memindahkan ke hati untuk dibuang . Sementara itu LDL berbahaya, dan dapat ditemukan dalam plak yang dapat menyumbat arteri koroner.
Olahraga secara teratur dapat menurunkan tingkat sirkulasi trigliserida. Trigliserida membentuk transportasi dan membentuk penyimpanan lemak dalam tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi beresiko terhadap penyakit jantung, kegemukan dan hipertensi.
Olahraga secara teratur dapat meningkatkan sensivitivitas jaringan terhadap insulin dan toleransi glukosa. Lemak yang tinggi dapat menghalangi kemampuan insulin untuk memindahkan glukosa ke otot. Jadi dengan olahraga dapat memantapkan pemindahan glukosa ke otot. Kelebihan lemak membuat sel melawan insulin dan tidak dapat menerima glucosa, sehingga kadar glucosa dalam darah naik, selanjutnya tubuh akan mengeluarkan banyak insulin yang dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian olahraga teratur dapat mencegah diabetes.
Olahraga secara teratur dapat meningkatkan persediaan oksigen serta keseimbangan elektrolit seperti : natrium, kalium, kalsium. Elektrolit tersebut sangat dibutuhkan bagi fungsi otot termasuk jantung Saat mengerahkan tenaga, jantung yang tidak terlatih (jarang berolahraga) mungkin akan kehabisan oksigen yang dapat memicu ketidakseimbangan elektrolit, ketidakstabilan listrik dan gangguan irama jantung. Ini beresiko pada kematian.
Olahraga secara teratur dapat mencegah Hipertensi dan Stroke. Orang yang hipertensi beresiko kena CAD 3 kali lebih besar dan 4 kali kemungkinan kena kegagalan fungsi jantung. Hipertensi juga dapat menyebabkan stroke dan kegagalan fungsi ginjal.
Olahraga secara teratur dapat memperpendek waktu transit zat-zat pencetus kanker dalam tinja di usus, sehingga menurunkan kecenderungan terkena kanker rectum. Wanita yang rajin berolahraga sejak remaja dapat menurunkan kecenderungan terkena kanker payudara dan rahim. Beberapa penelitian menyimpulkan olahraga secara rutin dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat.
Olahraga secara teratur dapat merawat radang sendi, memperlambat pengeroposan tulang, dan dapat memperkecil resiko masalah pungung.
Olahraga secara teratur (jogging) dapat mengurangi kegelisahan sementara, rasa cemas, ketegangan dan sebagainya. Kegelisahan sementara dapat menjadi ancaman terhadap harga diri seseorang. Bila anda sedang gelisah, cobalah melakukan aktifitas dengan jogging atau sejenisnya, insya Allah perasan gelisah anda akan hilang.
Olahraga secara teratur dapat menurunkan tingkat depresi. Penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa olahraga teratur dapat menurunkan tingkat depresi pada semua kelompok usia.
Olahraga secara teratur juga dapat mencegah stress, serta ketergantungan kepada obat-obat terlarang dan narkoba.

No comments: